Menu

Membuat E-Book

0 Comments

Internet sebagai media tanpa batas ternyata menyimpan banyak kesempatan bagi para penulis untuk menuangkan buah pikirannya tentang apa saja. Dengan media ini sarana menulis dapat diejawantahkan sehingga masyarakat luas bisa membaca artikel dari sang penulis. E-Book atau elektronik book adalah tulisan kita yang disampaikan lewat media internet, baik dalam format word, pdf, atau txt biasa. Sarana ini bisa berjalan baik via email (mailing list) maupun via web (blog, atau web site biasa).

Manfaat ebook yang sangat besar ini memungkinkan setiap orang bisa mendapatkan informasi apa saja darinya. Selain bentuknya yang digital, sarana penyimpanannya yang tahan lama (karena kita bisa copy datanya ke flashdisk atau CDROM), tidak mudah rusak, mudah dalam pencarian (fasilitas search), mudah dalam menyalurkannya kemana saja dan tentunya bisa diganbungkan ke dalam multimedia (gambar, suara). Sehingga akan mempermudah para penulis ebook menuangkan karya mereka disana. Contoh yang umum adalah sepreti menulis dalam blog yang saat ini sangat banyak tersedia di internet. Dengan ebook kita bisa mendapatkan uang juga dari situ melalui karya tulisan kita yang berguna bagi orang lain.

Sekarang bagaimana caranya membuat ebook? seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa banyak format untuk ebook, namun yang paling umum dipakai adalah dengan format Adobe Acrobat PDF. Pada format ini, tulisan yang sudah kita ketikan di MS Word atau Star Office kita convert ke format PDF, sehingga pembaca hanya bisa membaca tulisan tanpa melakukan editing tulisan kita. Sangat mudah bukan? namun yang paling penting dalam ebook adalah orisinalitas tulisan yang sangat unik sehingga tidak terkesan meniru atau menyalin tulisan orang lain.

Kemudian bagaimana menulis yang baik? Untuk jawaban pertanyaan ini tentunya sangat panjang karena dimulai dengan isi dari tulisan tersebut, gaya penulisan, gaya bahasa, serta tentunya implementasinya dari tulisan tersebut. Hal itulah yang harus dikuasai betul oleh penulis ebook. Proses belajar menulis banyak tempatnya apakah melalui aktif di mailing list, newsgroups, mengirimkan berita secara online, sampai kepada memberikan artikel kepada media massa. Artikel yang ditulis bisa dimulai dari materi apa saja yang dikuasai si penulis ebook sampai kemudian bisa menulis apa saja. Proses inilah yang memang harus dilewati oleh seorang penulis ebook, dimana pengalaman adalah guru terbaiknya.

Setelah bisa menghasilkan tulisan, langkah berikutnya adalah melakukan promosi atau memberitahukannya kepada khayalak umum. Nah, kalau yang ini tentunya kita harus punya situs sendiri atau numpang di website gratisan seperti blogspot.com atau situs wordpress.com kita tinggal mencari di search engine seperti google.com dengan keyword free blog. Tentunya kita harus memiliki alamat email untuk kontak langsung dalam pertukaran informasi, jadi buatlah alamat email juga untuk diri anda sendiri.

Setelah selesai, tentunya anda bisa mempromosikan situs blog anda kepada siapa saja, sehingga diakses dengan pengunjung yang banyak. Semakin unik tulisan anda, semakin baik peringkat dalam search engine hal ini karena kebanyakan search engine mengutamakan tulisan-tulisan yang unik.

Nah, mengenai bagaimana menghasilkan tulisan yang berkualitas akan saya kirimkan pada tulisan yang akan datang.

Tulisan yang berhubungan

1 Comment

  • At 2009.03.18 13:14, irmas asdam said:

    bagaimana cara membuat ebook? langkah2 apa yang bisa dibuat?

    (Required)
    (Required, will not be published)