Memanfaatkan Google Sitemaps

Memanfaatkan Google Sitemaps

Category : Teknologi

Fasilitas Google sitemaps ternyata sangat mudah dan kegunaannya yang bisa melisiting dengan cepat website kita di situs pencari yang paling dipakai pengunjung internet.

Jika situs Anda masih belum juga di listing di situs GOOGLE maka tips ini mungkin bisa bermanfaat bagi Anda. Sebelum membuat sitemap maka kita daftarkan dahulu situs kita di beberapa pendaftar search engine gratis. Coba manfaatkan fasilitas submit search engine di control panel hosting, yang biasanya diberikan oleh perusahaan hosting atau kalau tidak ada coba link berikut ini: http://www.submitshop.com/freesubmit/freesubmit.html atau http://www.submitshop.com/freesubmit/100engines.html atau bisa mencari di GOOGLE dengan keyword “free submit site”

Kemudian dari sisi web, pada header (sebelum ) masukkan beberapa meta tag untuk memanggil robot googlebot masuk ke situs Anda misalnya:

Tentunya juga benahi kembali atau berikan description atau penjelasan situs sesuai dengan isi website misalnya:

Dan jangan lupa juga keywordnya dimasukkan dengan kata-kata unik atau sesuatu yang sesuai dengan situs Anda:

Setelah itu kalau bisa buatlah file robots.txt yang ditulis biasa di notepad Anda kemudian save dengan nama robots.txt kemudian upload di /public_html/ (atau root direktory setingkat index.htm) Contoh penulisan robots.txt:

User-agent: Mediapartners-Google*
User-agent: *
Disallow: admin.php
Disallow: /admin/
Disallow: /images/

Disallow berarti kita membatasi robot-robot mesin pencari melisting admin.php bisa juga direktory /admin atau /images kita proteksi dari robot.

Setelah itu cobalah gunakan tools google sitemaps di: http://www.google.com/webmasters/sitemaps/

Pertama-tama upload dahulu file sitemap_generator.php di public_html juga file sitemap.xml dan sitemap.xml.gz nah kedua file terakhir ini diset permission-nya ke 777 (rwx-rwx-rwx) di filemanager control panel. Setelah itu eksekusi langsung file sitemap_generator.php dari web yaitu: http://domainanda.com/sitemap_generator.php Lihat kalau tidak ada error maka situs Anda sudah memiliki site map dan sekarang tinggal mendaftarkan peta situs Anda ke google.

Lakukan pendaftaran website Anda di http://www.google.com/webmasters/sitemaps/ disana nantinya ada fasilitas otorisasi website dengan meminta Anda mengupload nomor yang diberikan oleh google, kalau tidak salah bentuknya seperti: google7ead3db5c0ea1e99.html tergantung nanti dari hasil keluaran google. Nantinya itu harus diupload di public_html dan beritahu google bahwa Anda sudah memuat nomor tersebut di situs Anda.

Jika sudah diverifikasi oleh google maka beritahukan google bahwa Anda sudah memiliki sitemap dengan memasukkan sitemap.xml dan sitemap.xml.gz di bagian sitemap google.

Nah, jika tidak ada aral melintang dalam verifikasi ini, maka dalam 3 hari semoga situs Anda sudah dilisting di google sesuai dengan peta yang Anda buat. Anda bisa juga melakukan edit hasil dari sitemap.xml jika ada yang tidak ingin dipetakan oleh google.

File http://domainanda.com/sitemap_generator.php bisa Anda eksekusi kembali jika ada beberapa content baru. Karena google hanya melisting pada hasil dari sitemap.xml pertama sehingga jika ada keluaran baru maka harus dibuatkan lagi yang baru, juga harus dieksekusi lagi dengan melakukan ping/klik langsung ke situs google di: http://www.google.com/webmasters/sitemaps/ping?sitemap=http://www.domainanda.com/sitemap.xml

Mailing sitemap bisa diikuti di http://www.google.com/webmasters/sitemaps/
sitemap_generator.zip


Leave a Reply