Menu

HATI-HATI DENGAN THE HOUSE OF YAHWEH

0 Comment

The House of Yahweh (HOY) adalah kelompok keagamaan yang berpusat di Abilene, Texas, Amerika Serikat. HOY didirikan pertama kali oleh Jacob Hawkins pada tahun 1974. HOY merupakan pecahan dari kelompok gereja Worldwide Church of God (WCG) yang memisahkan diri dari gereja Seventh Day Advent pada tahun 1930-an. WCG adalah pionir gerakan Sacred Name, yakni gerakan yang hendak memulihkan nama Tuhan yang sakral. Para pengajar WCG juga menciptakan nama YAHSHUA dan mengklaimnya sebagai nama Mesias yang sejati.

Pada tahun 1980, Jacob Hawkins meninggal dan adiknya, Bufallo Bill Hawkins mengambil-alih tongkat kepemimpinan. Di bawah kepemimpinan Bill, HOY berkembang menjadi sebuah kelompok Sacred Name yang sangat ekstrim. Di samping mengajarkan nama Tuhan yang sakral, Hawkins bertindak lebih jauh dengan melarang para pengikutnya untuk mengucapkan kata-kata yang dianggap berasal dari paganisme seperti God, Lord, Good, Happy, dsb. Hawkins juga mengganti nama dari seluruh anggotanya, dengan nama baru, dengan nama belakang yang sama: Hawkins. Akibat pengajarannya yang ekstrim ini, Hawkins ditinggal oleh istri pertamanya.

Dua Saksi dan Hari Kiamat ?

Bill Hawkins mengklaim bahwa dia dan saudaranya adalah dua saksi yang dinubuatkan dalam Yes 44:5 dan Wah 11:3-5. Mereka berdua masing- masing mengganti nama mereka mereka menjadi Yisrayl dan Yaaqob. Hawkins juga mengklaim dirinya adalah keturunan Yahudi, walaupun faktanya ia adalah seorang Texas tulen. Hawkins mengklaim bahwa HOY yang ia dirikan adalah penggenapan dari Yes 2:2-3. Hawkins juga meramalkan dunia akan segera kiamat dan mengharapkan dirinya dibunuh oleh Satan sesuai dengan nubuatan yang ada.

Menurut ramalan Hawkins, dunia memasuki skenario akhir zaman pada bulan Oktober 1998. Pada pertengahan tahun 2001, 80% dari populasi manusia akan musnah karena perang nuklir. Ketika semua ini tidak terjadi, Hawkins merevisi ramalannya bahwa Tuhan masih mempunyai agenda yang lain.

Ciri-ciri pengajaran HOY
1. Yeshua adalah manusia biasa. Yeshua tidak pra-ada sebelum ia dilahirkan ke dunia.
2. Keselamatan bukan atas dasar anugerah tetapi hanya bisa diperoleh dengan melaksanakan hukum-hukum Tuhan dengan seksama.
3. Mengajarkan bahwa berdoa harus di dalam nama Yisrayl Hawkins.
4. Satan adalah seorang perempuan. Satan pada mulanya adalah istri Yahweh, yang diceraikan Yahweh karena ingin merebut dominasi suaminya. (Lihat: The Book of Yahweh, hal 649, Yeh 28:14)
5. Mengajarkan poligami.
“The IDEAL MARRIAGE described in the Holy Scriptures is NOT a `one- on-one’ marriage. In fact, Yahweh inspired the wisest man on earth in his time, to write that THREE are BETTER than TWO, and that two are better than one when speaking of marriage. Eccl. 4:9-12-… The gods who have deceived women and men into thinking TWO are better than THREE, have played them for a bunch of fools. Those who fall for it have played right into the hands of the GOD of this world who is AGAINST Yahweh’s Perfect Way of Life… (Reconsidering Yahweh’s Laws of SLAVERY and MARRIAGE OBLIGATIONS. p. 66,68-69).
Karena pengajaran yang kontroversial ini, HOY sempat guncang karena banyak pengikut wanitanya dan anak-anaknya menjadi korban perceraian karena mereka merasa dikhianati oleh suaminya yang berpoligami. Banyak kasus hukum sedang ditangani oleh pengacara di AS mengenai hak asuh anak karena para suami menahan anak-anak mereka di markas besar HOY.
6. Meninggalkan HOY sama dengan meninggalkan Tuhan “…IF we `separate’ from the One Body of Messiah: The House of Yahweh, then we succumb to Satan’s deceit. IF we succumb to Satan, then at that very moment we become worshipers of Satan:…When one does NOT COME TO The Body of Messiah: The House of Yahweh, or if one LEAVES The Body-The ONLY Prophesied, Established Work that Yahweh Himself HAS CHOSEN, then that one does NOT partake, or is NO LONGER a partaker, with the rest of The body of Messiah – The House of Yahweh” (What Yahweh’s Feasts Mean to You. p. 87).

The Book of Yahweh

Untuk mendukung pengajaran HOY yang ekstrem tersebut, Hawkins merasa perlu untuk membuat terjemahan Kitab Suci yang berbeda. Hawkins menganggap Kitab Suci yang ada sekarang sudah penuh korupsi tangan- tangan manusia oleh sebab itu ia merasa perlu untuk mengoreksi dan memperbaikinya. Hawkins menamakannya The Book of Yahweh (BOY).

Dalam proses penerjemahannya, Hawkins mengakui: We have purposed to REPLACE the many vital words which were deliberately left UNTRANSLATED in today’s modern English versions; words which, untranslated, disguised the true message which Yahweh inspired to be written, or else perpetuated the many `traditions of men’–not according to the Scriptures–but rampant in this world! We have also purposed to REMOVE all words and WHOLE VERSES that have been ADDED to the original Scriptures (such as the `footnotes’ that became `inspired’ Scriptures, as a later copyist included them in the Holy Writings).

Perhatikan bahwa untuk menghasilkan HOY, Hawkins telah mengganti, menghapus dan menambahkan ayat-ayat Kitab Suci supaya sesuai dengan seluruh doktrin-doktrin ajarannya.

Hawkins menerjemahkan kata Firman dalam Yoh 1:1 menjadi “plan”. Pada catatan kakinya, Hawkins menjelaskan bahwa Yoh 1:1 telah disalah-gunakan untuk mendukung doktrin Trinitas. Hawkins mengajarkan bahwa Yoh 1:1 tidak merujuk kepada Yeshua, oleh sebab itu Yeshua bukanlah Tuhan dan Yeshua tidak pra-ada. Menurut Hawkins Yeshua adalah manusia yang diciptakan.
Contoh berikut adalah kitab Kejadian 1:1 “Pada mulanya Elohim menciptakan langit dan bumi.”
Teks asli Kitab Suci dalam bahasa Ibrani berbunyi: bereshit bara Elohim et hashamayim ve-et haarets

Dengan kebebasan penuh tanpa memandang kekudusan teks asli Kitab Suci, Hawkins mengganti semua kata EL dan ELOHIM menjadi YAHWEH. Hawkins juga mengganti semua kata yang mengandung kata EL seperti Israel menjadi Israyl, Imanuel menjadi Imanuyah, dll.

Untuk mendukung klaim “dua saksi’-nya, Hawkins dengan bebas mengganti dua perempuan dalam Zak 5:11 menjadi dua saksi sebagai berikut:
Then I said to the malak who was speaking with me: Where are they; The Two Witnesses, going with the ephah? And he said to me: To build The House of Yahweh according to The Standard of Perfection sent by Yahweh’s Laws, in a Babylonish land which does not yet exist. And it will be established at that time; when The Two Witnesses are called out to their work; as the Established Place; the Habitation of Yahweh; THE HOUSE OF YAHWEH.

Kesimpulan
The House of Yahweh adalah sekte (cult) yang mempunyai doktrin yang ekstrim. HOY sudah masuk dalam daftar pantau oleh badan-badan independen di Amerika yang mengawasi sekte-sekte yang digolongkan sebagai kontroversial dan destruktif. Kontroversi dan ekstrimitas ajaran HOY ini mempunyai kesamaan dengan kasus sekte Branch Davidian pimpinan David Koresh yang pada akhirnya berujung kepada bunuh diri massal para pengikut-pengikutnya. Tujuan dari badan-badan independen tersebut adalah supaya kasus-kasus seperti David Koresh tidak terulang kembali.

Yisrayl Hawkins mengklaim dirinya ada di dalam nubuatan Kitab Suci. Mungkin ada benarnya, tetapi tidak di ayat-ayat yang dia klaim melainkan di dalam firman ini:

“Lihatlah, beberapa orang dari jemaah HaSatan, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu” (Wah 3:9)

Di Indonesia, ada kalangan tertentu yang mempunyai hubungan khusus dengan HOY di Amerika. Mereka mengasosiasikan diri mereka sebagai “Mesianik”. Padahal HOY bukanlah bagian dan tidak akan pernah menjadi bagian dari keluarga besar Messianic Judaism.

Di Amerika sudah banyak kesaksian-kesaksian dari para mantan anggota HOY yang sadar lalu bertobat dan meninggalkan HOY. Apabila anda terpanggil untuk membantu mengingatkan saudara-saudara kita akan bahaya HOY ini, mohon sebarkan tulisan ini sebanyak-banyak mungkin.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di:
http://www.watchman.org/cults/koresh-hawkinscompare.htm
http://amightywind.com/yhawkins/ihoy.htm
http://www.rickross.com/

Tulisan yang berhubungan

No Comments

(Required)
(Required, will not be published)